My BLOG

2011-06-03

TKW Asal Indramayu Diduga Disandera di Irak


UDI ISWAHYUDI/"PRLM"
Warni (60), sedang memperlihatkan foto anaknya yang diduga disandera oleh majikannya di negara Irak.*


INDRAMAYU, (PRLM).- Seorang TKW asal Kab. Indramayu diduga disandera oleh majikannya di negara Irak. Korban Sudiarti (29) adalah warga RT.09/RW.03, Blok Karang Baru, Desa Singajaya, Kec./Kab. Indramayu. Hingga keberangkatannya dari tahun 2003 sampai saat ini korban belum diperbolehkan pulang ke kampung halamannya. Orang tua korban akhirnya mengadukan hal itu kepada lembaga terkait.

Keterangan yang diperoleh "PRLM", Selasa (3/8) menyebutkan, Sudiarti berangkat menjadi TKW menggunakan jasa pengerah tenaga kerja PT.Alfindo Jakarta. Dua tahun sejak berangkat 10 Januari 2003 ia bekerja sebagai pembantu rumah tangga di negara Yordania, pengiriman uang serta komunikasi masih berjalan lancar dengan keluarganya. Namun, pada tahun ke tiga, ia pindah majikan yang bernama Ahmad Abdul Ganawi. Pada majikan terakhir ini korban kemudian dibawa ke kota Baghdad, Irak. Herannya, korban tidak diperbolehkan untuk komunikasi dengan siapapun termasuk keluarganya hingga saat ini.

Orang tua korban, Warni (60) membenarkan kalau anaknya selama 7 tahun tidak pernah pulang. Menurutnya, 2 tahun korban masih sempat berkomunikasi namun 5 tahun terakhir tidak ada kontak sama sekali. Mengetahui ini, ia mengadukan peristiwanya kepada beberapa instansi terkait, termasuk kepada Pengurus Daerah Serikat Pekerja TKI Luar Negri (SPTKILN) Kab. Indramayu untuk upaya pemulangan anaknya.

Sementara itu, Edi Rustam, Ketua Pengurus Daerah Serikat Pekerja TKI Luar Negri (SPTKILN) Kab. Indramayu membenarkan pihaknya mendapatkan laporan tentang itu. Bahkan pihaknya juga sudah melakukan upaya pemulangan terhadap korban yang diketahui berada di negara Irak. Hanya saja, katanya. majikan korban bersikeras tidak mau memulangkan Sudiarti. "Sudiarti merupakan korban perdagangan dan penyelundupan buruh migran. Kami dengan beberapa pihak akan melakukan upaya pemulangan Sudiarti, " terangnya. (udi/kur)

http://www.pikiran-rakyat.com/node/119141

0 komentar:

Posting Komentar


Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Selengkapnya: Navigasi Efek Slide Out dengan jQuery | Blogger Tune-Up http://modification-blog.blogspot.com/2010/04/navigasi-efek-slide-out-dengan-jquery.html#ixzz1Nn7tjg00 Under Creative Commons License: Attribution